Kyai 'Alim
yang Santun dan Tawadhu'
Pada
sekitar kurang lebih tahun 1910-an lahirlah seorang bayi yang bernama Asror
(KH. Asror) di Kampung Kauman, yaitu Kampung yang terletak di sekitar
lingkungan Masjid yang menjadi kebanggaan dan pusat pengembangan ilmu-ilmu
agama dari dulu sampai sekarang oleh masyarakat dan santri Kaliwungu dan
sekitarnya, yaitu Masjid Besar Al-Muttaqin. Ayah beliau bernama KH. Ridwan yang
masih keturunan Kanjeng Sultan Raden Hadiwijaya atau lebih dikenal dengan
sebutan Joko Tingkir (Mas Karebet). KH. Ridwan adalah sosok yang rajin dan
istiqamah membaca Al-Qur’an, meskipun KH. Ridwan tidak hafal Al-Qur’an atau
bahkan sudo rungu, akan tetapi beliau dapat menyimak dan mengoreksi seseorang
yang sedang mengaji.
Pada waktu kecil KH. Asror dididik oleh
ayahnya sendiri, setelah beranjak dewasa, pemuda KH. Asror mengaji/berguru pada
Ulama-ulama Kaliwungu yang juga masih kerabat dengan Ayah dan Ibunya. Diantara
Guru-gurunya adalah KH. Ahmad Ru’yat (Putra Pamannya), KH. Ahmad Badawi (Kakak
Iparnya) dan masih banyak lagi Ulama lain yang mendidik beliau.
Pada masa menuntut Ilmu, KH. Asror
dikenal tekun dan disiplin sehingga walaupun beliau menuntut Ilmu di daerahnya
sendiri, namun karena ketekunannya, beliau bisa menguasai Ilmu-ilmu yang
diperoleh dari guru-gurunya. Diantaranya beliau Hafal Al-Qur’an, Hafal Qira’ah
Sab’ah, Hafal kitab Tafsir Jalalain, Hafal kitab Fathul Mu’in
dan menguasai Ilmu-ilmu Syari’ah lainnya. Walaupun beliau menguasai banyak
Ilmu, namun beliau dikenal masyarakat sebagai seorang Kyai yang tawadhu’,
santun dan loman (dermawan). Sehingga banyak masyarakat yang ta’dhim
kepada beliau, sampai-sampai konon katanya, apabila ada seseorang
yang naik sepeda lewat di depan rumahnya, sepeda tersebut dituntun sebagai
penghormatan kepada beliau.
Pada suatu hari, beliau dipanggil oleh
KH. Ahmad Rukyat yang tidak lain adalah guru sekaligus anak Paman beliau.
Beliau diminta oleh KH. Ahmad Rukyat untuk mengajar/mulang masyarakat setiap
pagi hari (ba’da subuh), agar masyarakat tidak buta akan ilmu-ilmu agama
khususnya ajaran Al-Qur’an. Dengan keta’dhiman dan keikhlasan, beliau
menyanggupi permintaan gurunya tersebut. Pengajian yang diajarkan beliau adalah
kitab Tafsir Jalalain, tetapi sebelum beliau memulai mengajar, terlebih
dahulu beliau membaca Al-Qur’an bil ghaib sekedar beberapa ayat dan
disimak oleh masyarakat yang mengaji. Ratusan orang setiap pagi
berbondong-bondong mengaji kepada beliau, mungkin dikarenakan beliau merupakan
salah seorang santri kesayangan KH. Ahmad Ru’yat, mungkin juga karena kealiman
beliau yang menguasai berbagai bidang Ilmu Agama (Ulumulqur’an dan Ulumussyari’ah)
dan mungkin juga dikarenakan ketawadhu’an, kelomanan dan kesantunan beliau
kepada setiap orang. Allahu A’lam
Pengajian Tafsir Jalalain ini
bertempat di sebuah Majelis Ta'lim samping rumah beliau atau tepatnya di
sebelah utara Masjid Besar Al-Muttaqin Kauman Kaliwungu Kendal. Disamping itu,
KH. Asror juga mengajar para santri di Ponpes-nya sendiri (PPTQ Al-Asror) dan
di Ponpes APIK Kauman yang merupakan peninggalan kakek dan kerabat Ayah beliau
yaitu KH. Abdurrasyid bin Musa (kakak KH. Ridwan) dan KH. Irfan bin Musa (kakak KH.
Ridwan). Ini adalah bukti pengabdian beliau kepada para santri dan masyarakat
serta usaha beliau mensyi'arkan Ilmu dan Syari'at Islam kepada seluruh santri
dan masyarakat. Beliau juga dipercaya menjadi Imam Shalat Wajib dan Shalat
Tarawih di Masjid Besar Al-Muttaqin Kaliwungu.
Diantara murid/santri beliau banyak
yang menjadi tokoh/Ulama di daerahnya, diantaranya adalah KH. Dachlan Salim
Zarkasyi Semarang yang merupakan perintis/penemu Metode Qira’ati dan konon
katanya, metode ini merupakan metode membaca Al-Qur’an yang pertama kali
ada di Indonesia. Dan juga masih banyak lagi santri/murid beliau yang lain yang
menjadi Ulama/tokoh masyarakat.
Pada hari Selasa kurang lebih jam 05.30
WIB tanggal 16 Juni 1987 M atau bertepatan dengan tanggal 19 Syawal 1407 H
beliau dipanggil oleh Allah swt untuk selama-lamanya. Ribuan orang mengantarkan
kepergian jenazah beliau, mengantarkan seorang Ulama yang disegani
masyarakatnya karena ketawadhu’an, kelomanan dan kesantunannya. Beliau
dimakamkan di samping makam Ayah dan kerabatnya, seperti KH. Irfan dan KH.
Humaidullah Irfan.
Diantara Jasa dan Peninggalan beliau
yang masih lestari dan diteruskan adalah PPTQ Al-Asror dan Pengajian Tafsir
Jalalain yang sekarang diasuh oleh Putra beliau yaitu, KH. Nidhomuddin Asror.
Juga pengembangan Ponpes APIK Kauman serta pendirian Ponpes ARIS yang tidak
lepas dari jasa beliau dan Ulama lain yang masih kerabat beliau, diantaranya
KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan dan KH. Ahmad Dum Irfan atas ide dan
perintah langsung KH. Ahmad Ru’yat yang masih merupakan Paman beliau-beliau.
Mudah-mudahan Amal Ibadah, Jasa dan
Pengabdian beliau kepada santri dan masyarakat Kaliwungu diterima oleh Allah
swt. dan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Rabb Yang
Maha segalanya, Allah SWT. Amiin Yaa Mujiibassaailiin…
Disusun
Oleh Saifurroyya Dari Berbagai Sumber
ADS HERE !!!